Bangunan Bersejarah di Kota Bandung

Sebagai kota yang dijuluki dengan kota kembang, tempat menarik di Bandung Indonesia memang selalu menjadi sasaran untuk dijadikan destinasi liburan. Banyak tempat yang bisa dikunjungi saat berkunjung ke kota Bandung. Misalnya saja tempat waisata alam, wisata kuliner, dan wisata outbound yang cocok untuk liburan keluarga maupun dengan teman atau pasangan.

Banyak tempat menarik yang ada di Bandung. Bahkan, beberapa tempat tersebut bukanlah tempat yang benar-benar untuk berwisata, namun pengunjung selalu datang dan menghabiskan waktu di sana. Tentunya karena tempat tersebut memang memiliki keseruan tersendiri untuk dikunjungi. Selain itu juga tempat menarik tersebut merupakan bangunan masa lalu yang tentunya memiliki nilai sejarah, khususnya di zaman saat Indonesia masih mengalami penjajahan oleh Belanda. Berikut beberapa tempat dengan bangunan bersejarah yang bisa dikunjungi saat datang ke Bandung;

Gedung Landmark; adalah gedung bersejarah yang sebenarnya merupakan sebuah toko buku di zaman Belanda dengan nama Van Dorp. Gedung tersebut dibangun pada sekitar tahun 1922 yang diarsiteki oleh bangsa Hindia Belanda bernama C. P. Wolff Schoemaker. Arsitek tersebut juga telah dikenal dengan karya bangunan lainnya yang telah tersebar di Bandung, misalnya saja Gedung Merdeka, New Majestic, Hotel Preanger, hingga Villa Isola. Dengan ciri khasnya yang kuat yaitu penggunaan dari ornament dengan ciri nusantaranya yaitu Batara Kala yang merupakan dewa penguasa waktu. Saat ini, Gedung Landmark dengan gaya Indo-Eropa-nya tak jarang menjadi tempat untuk pameran atau bazaar buku hingga kegiatan lainnya.

Au Bon Marché (Hagel Eens); merupakan toko busana yang telah tersentuh secara modern dan juga terkenal di bandung. Toko busana ini telah menjual produk-produk busana yang mahal dan tentunya juga elegan dan di impor dari Perancis. Bangunan yang termasuk bersejarah ini sekarang telah menjadi sebuah café, selain itu juga tempat ini bisa dibilang kurang terawat. Akan tetapi tetap tidak menghilangkan kemegahan dari bangunan khas Eropa-nya ini.

New Majestic; berada di Museum Konferensi Asia Afrika dan merupakan sebuah bioskop dengan nama Concordia Bioscoop yang didesain oleh orang yang sama yang telah mendesain Gedung Landmark. Bangunan ini dibangun atau dikerjakan oleh Biro Arsitek Soenda pada sekitar tahun 1925. Yang menarik lagi, bangunan bersejarah ini juga memiliki bentuk seperti halnya sebuah kaleng biskuit dengan ornament nusantara yang menjadi ciri khasnya yaitu Dewa Kala. Dulunya gedung ini memutar film bisu dengan warna hitam putih dan iringan dari musikorkestra nya.

Rumah Ibu Inggit Ganarsih; yang merupakan istri kedua dari Presiden Indonesia pertama. Saat ini, rumah dari ibu Inggit menjadi salah satu bangunan menarik dengan nilai sejarahnya. Terlebih, rumah ini juga merupakan tempat di mana presiden pertama RI yaitu Soekarno melakukan pertemuan dengan para tokoh-tokoh nasional dalam rangka membicarakan persiapan untuk kemerdekaan Indonesia.

Itulah beberapa bangunan-bangunan yang merupakan tempat menarik di kota Bandung. Meskipun bangunan-bangunan tersebut telah tua, namun disitulah menariknya sebuah rekaman sejarah yang mengagumkan yang ada di Bandung, Indonesia. Bandung mungkin telah menjadi salah satu kota yang tersentuh dengan nilai modern dan juga memiliki banyak pusat perbelanjaan seperti halnya metropolitan. Namun tempat menarik di Bandung Indonesia dengan bangunannya yang bersejarah tidak akan bisa tergantikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *