Tips Hemat Wisata ke Jakarta Untuk Backpacker

Jakarta dikenal sebagai kawasan yang kurang ramah dalam hal harga untuk para wisatawannya. Bagi para pelancong berkoper tentu itu bukan masalah. Namun, bagi para backpacker, harga tentu menjadi prioritas utama kala berwisata.

Para wisatawan yang mengandalkan dana pas-pasan harus berpikir ekstra keras agar uang yang dibawanya cukup menghidupnya selama berpelesiran ke Ibu Kota. Namun tidak jarang, bujet sudah habis saat liburan belum usai. Alhasil, meminjam dana ke teman ataupun terpaksa pulang lebih awal menjadi pilihan yang realistis dilakukan.

Untuk itu, sebelum berpetualang dengan ransel ke Jakarta, Teman-teman harus menyiapkan segala rencana dengan matang. Ada baiknya pula Teman-teman menyediakan dana tambahan sebagai bahan jaga-jaga jika kehabisan uang di Ibu Kota.

Sebenarnya, Jakarta bukanlah kota yang kejam. Berbagai trik bisa Teman-teman lakukan kala sedang berlibur ke kota ini dengan dana minim. Berikut adalah beberapa tip hemat yang bisa menyelamatkan bujet Teman-teman ketika sedang mengunjungi Ibu Kota untuk berwisata.

1. Cari Penginapan Murah

Saat berlibur, Teman-teman tentu membutuhkan tempat menginap yang aman dan nyaman. Bagi yang punya keluarga di Jakarta itu bukan hal sulit karena mereka bisa menginap di rumah saudara. Namun jika Teman-teman menjadi petualang di Ibu Kota, cara menginap terbaik adalah mencari hotel murah.

Untuk mendapatkan harga yang lebih miring, sebaiknya sebelum berlibur, Teman-teman mulai mencari informasi penginapan murah di Jakarta. Karena jika tidak, maka akan mendapatkan harga yang mahal.

Sebagai backpacker tentulah hal ini sangat penting yang menjadi prioritas.

2. Gunakan Transportasi Massal Bersubsidi 

Untuk menyiasati biaya perjalanan wisata Teman-teman selama berada di Ibu Kota, lebih baik menggunakan transportasi massal bersubsidi selama berada di Jakarta. Selain biayanya lebih murah, aksesnya menuju berbagai lokasi wisata juga mudah dan waktu tempuhnya lebih cepat.

Ada dua transportasi massal bersubsidi yang dapat dipilih kala berkunjung ke Jakarta, yaitu TransJakarta dan Commuter Line. Untuk menaiki bus TransJakarta, hanya butuh mengeluarkan dana Rp3.500,00 guna ke segala tujuan, tidak peduli jauh atau dekat. TransJakarta memiliki jalur tersendiri sehingga Teman-teman tidak terlalu berjibaku dengan kemacetan yang kerap merundung kota ini.

Namun jika Teman-teman ingin benar-benar bebas macet, Commuter Line adalah pilihan terbaik. Kereta rel listrik dalam kota yang telah disubsidi ini berbiaya sangat murah serta memiliki waktu tempuh yang tempat. Stasiun-stasiun pemberhentiannya pun dekat dengan berbagai lokasi wisata menarik. Teman-teman bisa turun di Stasiun Juanda jika ingin ke Monas ataupun Pasar Baru. Jika ingin ke museum-museum pun, Teman-teman cukup berhenti di Stasiun Kota.

3. Cari Objek Wisata Gratisan 

Banyak objek wisata di Jakarta yang tidak memerlukan biaya untuk memasukinya. Dengan mengunjungi berbagai lokasi wisata yang gratisan ini, Teman-teman tidak perlu menambah dana untuk membeli tiket masuk tempat wisata tersebut.

Kawasan taman Monumen Nasional (Monas) menjadi salah satu objek wisata yang dapat Anda masuki tanpa biaya, meskipun saat hendak masuk museumnya Anda harus membayar. Anda juga dapat mengunjungi berbagai museum di kawasan Kota Tua yang bebas biaya masuk, seperti Museum Bank Indonesia ataupun Museum Bank Mandiri.

Dengan trik cerdik di atas, dijamin dana Teman-teman akan mencukupi saat berlibur ke Jakarta. Ini karena berlibur seru itu bukan soal masalah dana besar, tapi taktik besar untuk membuat hal-hal kecil menjadi momen berharga sewaktu berwisata.